Nama :Octa Indria
Linda Fatmawati.A
Lia Septyana.M
Prastika Arianti.D
Agnestasia
NPM : 25211423
Kelas : 1EB21
TUGAS MINGGU 6.
Linda Fatmawati.A
Lia Septyana.M
Prastika Arianti.D
Agnestasia
NPM : 25211423
Kelas : 1EB21
TUGAS MINGGU 6.
1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
3. APA YG DIMAKSUD KONSEP INTI PEMASARAN
4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
Jawab:
1. Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa, sedangkan pemasaran adalah suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu.
2. A. Contoh jenis pasar industri :
a. Industri ekstraktif
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan
b. Industri fasilitatif
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi
c. Industri kimia dasar
contoh : industri semen, obat-obatan, kertas
contoh : industri semen, obat-obatan, kertas
d. . Industri kecil
Contoh : industri roti, kompor minyak, makanan ringan
Contoh : industri roti, kompor minyak, makanan ringan
e. Industri mesin dan logam dasarContoh : industri pesawat terbang, kendaraan bermotor, tekstil
B. Contoh pasar penjual :
a. Pasar Grosir (penjual eceran)
b. Indomart
c. Alfamart
d. Lottemart
e.Pasar tradisional dan modern
3. Konsep inti pemasaran adalah dan keinginan pasar sasaran secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.
4. Empat bauran promosi :
a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5. Sistem pemasaran alternatif,diantaranya :
a. Internet
b. Brosur
c. Pemflet
d. Iklan (media massa)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar