PERANAN KOPERASI
- Dipasar Persaingan Sempurna
Pasar persaiangan sempurna dapat
didefinisikan sebagai struktur pasar atau industry dimana terdapat banyak
penjual dan pembeli,dan setiap penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi
keadaan pasar.
Ciri-ciri dari pasar persaingan
sempurna adalah sebagai berikut:
*) Perusahaan
adalah pengambil harga
*) Produk
yang dihasilkan sejenis (homogen)
*) Perusahaan
bebas untuk masuk dan keluar
*) Pembeli
memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
*) Terdapat
banyak perusahaan di pasar
2. Dipasar Monopolistik
Pasar monopolistic pada dasarnya
adalah pasar yang berada di antara dua jenis pasar yang ekstrem yaitu
persaingan sempurna dan monopoli.oleh sebab itu sifat-sifatnya mengandung
unsur-unsur sifat monopoli dan persaingan sempurna.Pasar monopolistic dapat
didefinisikan sebagai pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan
barang yang berbeda.
Ciri-cirinya sebagai berikut:
*) Adanya
penjual yang banyak
*) Produk
yang dihasilkan beragam (heterogen)
*) Persaingan
promosi penjualan sangat aktif
*) Keluar
masuk industry relative mudah
~ *) Perusahaan mempunyai
sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
3. Peranan Koperasi Dalam Pasar Monopsomi
Ciri-ciri pasar monopsomi
*) Terdapat
banyak penjual tetapi hanya ada satu pembeli
Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.
4. Peranan Koperasi Dalam Pasar Oligopoli
Pasar oligopoly terdiri dari
sekelompok kecil perusahaan.Struktur dari industry dalam pasar oligopoly adalah
terdapat beberapa perusahaan raksasa yang menguasai sebagian besar oligopoly
sebesar 70-80 persen dari seluruh produksi atau nilai penjualan dan disamping
itu terdapat perusahaan kecil.Perusahaan yang menguasai pasar saling
mempengaruhi satu-sama lain,karena keputusan dan tindakan dari salah satunya
sangat mempengaruhi perusahaan lain.Sifat ini menyebabkan perusahaan lain harus
berhati-hati dalam mengambil keputusan dalam hal mengubah harga,membuat
desain,mengubah teknik produksi dan lainnya.Ciri-ciri pasar Oligopoli sebagai
berikut :
*) Menghasilkan
barang standar maupun barang berbeda
*) Kekuasaan
menentukan harga adakalanya lemah dan ada kalanya kuat
*) Pada
umumnya perusahaan oligopoly perlu melakukan promosi secara iklan
Kegiatan promosi untuk pasar oligopoly yang
menghasilkan barang berbeda memiliki dua tujuan yaitu menarik pembeli
baru dan mempertahankan pembeli lama.pasar oligopoly yang menghasilkan barang
standar melakukan kegiatan promosi untuk memelihara hubungan baik dengan
masyarakat.
www.dantelaruku.blogspot.com/bab-9-peranan-koperasi-di-berbagai.html
sukirno,sadono,1994.mikro ekonomi teori pengantar.PT Rajagrafindo persada,Jakarta.
sukirno,sadono,1994.mikro ekonomi teori pengantar.PT Rajagrafindo persada,Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar